26 September 2009

Scuba Diving Akademi Imigrasi

Posted on 9/26/2009 01:20:00 AM by Academy Immigration Indonesia official blog

diving 7Salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang sampai saat ini masih dilaksanakan oleh taruna Akademi Imigrasi yaitu scuba diving. Kegiatan ini biasanya dilaksanakan di Kepulauan Seribu. Sejauh ini, lokasi yang pernah digunakan untuk diving yaitu di Pulau Kotok, Pulau Sepa dan Pulau Putri. Hal ini dimaksudkan untuk selalu mencari tempat baru dan menjelajahi wilayah Kepulauan Seribu agar kita dapat mengenali sedikit bagian indah dari wilayah NKRI kita tercinta.
Sebelum melaksanakan ujian diving di pulau, terlebih dahulu taruna melaksanakan latihan di kolam dengan mengambil lokasi di kolam renang senayan. Umumnya latihan kolam dilaksanakan sebanyak 4 sampai 5 kali baru setelah itu dilaksanakan latihan dan ujian di laut untuk pengambilan brevet selam.
diving 4Dengan rute yang telah ditentukan, setiap taruna harus mengambil brevet yang sebelumnya telah diletakkan di kedalaman 15-20 meter oleh pelatih. Ketika gilirannya tiba, taruna harus turun untuk menyelam dan mulai mencari brevet tersebut tanpa didampingi oleh teman atau pelatih.  Dalam kesempatan ini taruna dapat menikmati keindahan bawah laut yang begitu mempesona dengan beraneka ragam ikan, karang dan penghuni laut lainnya. Namun taruna tetap harus memperhatikan keselamatan dibawah laut karena ada beberapa hal yang dapat membahayakan kesehatan dan keselamatan tubuh kita. Contohnya adalah ubur-ubur jenis tertentu & bulu babi yang jika kita terkena olehnya dapat mengakibatkan turunnya kesehatan tubuh kita. Namun jika kita berpegang teguh pada aturan pelatih dan tidak merubah jalur yang telah ditetapkan, maka kita pun akan bisa menikmati penyelaman yang dilakukan.
divingdiving 6
diving 5
Dalam hal ini, AIM bekerjasama dengan pelatih dari Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) untuk mendapatkan predikat one star diver serta mendapatkan sertifikat yang juga diakui secara internasional karena tergabung dalam organisasi Confederation Mondiale des Activites Sobaquatiques (CMAS) .
kartu possi
kartu possi
kartu possi
kartu possi

1 Response to "Scuba Diving Akademi Imigrasi"

.
gravatar
SEWA SEPEDA SURABAYA Says....

Ketika turun tanpa di dampingi teman atau pelatih, menurut saya itu kurang pas....karena setau saya menyelam harus ada pendamping atau buddy. maaf kalau salah

Leave A Reply