26 September 2009

Seleksi Administrasi (pendaftaran Akademi Imigrasi)

Posted on 9/26/2009 12:38:00 AM by Academy Immigration Indonesia official blog

Seleksi taruna Akademi Imigrasi terdiri dari beberapa tahapan yaitu seleksi administrasi, akademik, kesehatan, kesamaptaan, psikotes dan interview (pantukhir). Pendaftaran AIM berlangsung selama 3 (tiga) hari yang biasanya dilaksanakan diantara bulan Oktober/November. Dalam jangka waktu 3 hari ini, para calon pendaftar dipersilahkan datang langsung ke kampus AIM di jalan Raya Gandul Cinere Depok. Dalam hal ini, pendaftaran tidak dapat diwakilkan alias harus calon pendaftar sendiri yang datang. Pendaftaran dilakukan secara terpusat artinya tidak ada cabang untuk pendaftaran di kantor imigrasi atau di kantor wilayah manapun. Waktu pendaftaran calon taruna AIM ini juga berbarengan dengan pendaftaran calon taruna Akademi Ilmu Pemasyarakatan (AKIP) dan juga CPNS bagi Departemen Hukum & HAM RI.
Tata cara pendaftaran yaitu, calon pendaftar dipersilahkan untuk mengambil nomor antrian dan menunggu nomor antriannya tersebut dipanggil untuk dilakukan seleksi administrasi. Ketika nomor sudah dipanggil, calon pendaftar akan diminta untuk melepas alas kaki dan melewati tiang/palang ukuran tinggi badan yang tingginya sudah disesuaikan dengan persyaratan pada tahun pendaftaran. Namun bagi calon pendaftar yang tidak bisa melewati tiang ukuran tinggi badan (tinggi badan kurang) tidak bisa meneruskan ke tahapan selanjutnya. Bagi pendaftar yang tingginya sudah memenuhi syarat, diperbolehkan untuk masuk ke bagian selanjutnya yaitu pemeriksaan dokumen persyaratan. Disini akan diperiksa semua hal yang berkaitan dengan syarat-syarat pendaftaran. Jika semua berkas sudah sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh panitia, maka calon pendaftar berhak mendapatkan kartu ujian atau sebagai tiket untuk mengikuti tahap selanjutnya.
Bagi calon pendaftar yang dokumennya masih belum sesuai dengan persyaratan, diperbolehkan untuk datang kembali dalam 2 hari berikutnya selama masa pendaftaran untuk melengkapi persyaratannya tersebut.
Pada saat hari pendaftaran, kepada pendaftar yang telah memiliki kartu ujian akan diberitahukan tanggal/waktu untuk seleksi selanjutnya yang jenisnya ditetapkan oleh panitia. Sistem seleksi yang dipergunakan yaitu dengan sistem gugur. Jadi bagi pendaftar yang lulus disetiap seleksinya berhak meneruskan seleksi selanjutnya. Namun bagi yang dinyatakan tidak lulus pada satu seleksi tidak dapat meneruskan ke seleksi selanjutnya.
Selamat mencoba, semoga berhasil dan sukses !!!

No Response to "Seleksi Administrasi (pendaftaran Akademi Imigrasi)"

Leave A Reply